MAKALAH MICROSOFT WORD
z
Aplikasi pengolahan kata lainnya yaitu
wordperfect, yang merupakan aplikasi program yang dapat dijalankan dikomputer
dengan sistem operasi windows. Wordperfect versi terakhir yaitu perfect office
X3 yang dapat dijalankan pada sistem operasi windows xp, windows 2008, windows
98. Namun terdpat kekurangan pada wordperfect yaitu perfect office 3
membutuhkan spesifikasi hardware yang cukup tinggi yaitu prosesor Pentium 3
atau sederajat dengan memori 128 MB. Wordperfect office X3 memiliki kemampuan
untuk membaca file file yang dikerjakan pada jenis aplikasi pengolahan kata
lain, seperti pada aplikasi microsoft word, microsoft excel dan microsoft
powerpoint.
Star office writer memiliki kesaman dengan
microsoft word, yang merupakan aplikasi perangkat lunak yang bersifat
multiplatform, yaitu aplikasi dapat dijalankan diberbagai macam sistem operasi
baik linux, windows, unix, solaris dan sistem operasi lainnya. Perbedaan yang
mendasar antara Starr Office writter dengan Microsoft office yaitu terletak
pada file ekstensinya. Jika pada Ms.word menggunakan file ekstensi *doc, pada
Star Office Writter meenggunakan file ektensi *odt. Namun jenis file ektensi
*odt masih dapat dirubah menjadi file ektensi *doc.
Hampir sama
dengan Ms.Word. Bedanya Open Office dikembangkan dengan lisensi GPL (General
Public Licensi) , sehingga dapat didistribusikan secara bebas. Open Office
dilengkapi fitur bawaan “export as PDF”, sehingga file yang telah kita ketik
bisa diubah langsung ke PDF tanpa repot-repot menginstall Adobe Acrobat
AtlantIs Word Processor memiliki kesamaan
tampilan dengan Microsoft Word. Aplikasi ini mendukung file ekstensi, Document
(*doc), Rich Text Format (RTF), Encrypted Document (COD), dan Standart Text (*txt)
WordStar adalah sebuah aplikasi pengolah kata,
dipublikasikan oleh MicroPro International, Software ini sempat populer pada
awal 1980-an. Bahkan Wordstar hampir sudah bisa dikatakan dapat menggantikan
yang namanya Mesin Ketik kala itu. Saat ini Word Star sudah tidak digunakan
lagi. Sebab Word Star tidak memiliki menu-menu yang memadai. Oleh karena itu
semua perintah-perintah di Word Star harus dihapal luar kepala.
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Pada saat ini kemajuan teknologi, menyebabkan
kebutuhan manusia semakin bertambah, terdapat keterkaitan antara kemajuan
teknologi dengan bertambahnya kebutuhan manusia, yaitu kebutuhan manusia
menjadi lebih mudah untuk dipenuhi.
Secara tidak lansung manfaat
dari berkembangnya teknologi adalah membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan
hidupnya. Seperti aplikasi Microsoft Office, aplikasi ini sangat membantu para pekerja
kantoran, mahasiswa, pelajar, dan masih banyak lagi. Salah satu bagian dari
Microsoft Office adalah Microsoft Office Word.
Microsoft Office Word banyak sekali orang yang
mengenalnya akan tetapi tidak sedikit yang kurang mengetahui berbagai fungsi
dan kegunaan apa saja yang dimilikinya, maka dari itu kami akan membahasnya
melalui makalah yang kami buat mengenai Microsoft Office Word.
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang di atas tersebut, maka dapat diambil suatu formulasi yang
kemudian dirumuskan sebagai berikut:
1.
Bagaimana sejarah Microsoft Word?
2.
Bagaimana definisi Microsoft Word?
3.
Bagaimana fungsi dan kegunaan
Microsoft Word?
4.
Bagaimana fungsi tools dan fitur
yang ada dalam Microsoft Word?
C.
Tujuan Penulisan
Dari perumusan
masalah di atas, maka tujuan penulisan ini adalah:
1.
Untuk mengetahui dan memahami
bagaimana sejarah Microsoft Word?
2.
Untuk mengetahui dan memahami
bagaimana definisi Microsoft Word?
3.
Untuk mengetahui dan memahami
bagaimana fungsi dan kegunaan Microsoft Word?
4.
Untuk mengetahui dan memahami
bagaimana fungsi tools dan fitur yang ada dalam Microsoft Word?
D.
Metode Penulisan
Makalah ini
disusun dengan menggunakan metode deskriptif
analisis dan kajian pustaka.
E.
Sitematika Penulisan
Sistematika
penulisan makalah ini terdiri dari:
BAB
I Pendahuluan berisi: Latar Belakang Masalah, Rumusan Masalah, Tujuan
Penulisan, Metode Penulisan, Dan Sitematika Penulisan.
BAB
II Pembahasan berisi: Konsep Microsoft Word, Jenis Aplikasi Microsoft Word,
Fungsi dan Kegunaan Microsoft Word, dan Fitur dan Fungsi Tools yang Tersedia
dalam Microsoft Word
BAB
III Penutup berisi: Simpulan dan Saran
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Konsep Microsoft Word
1.
Sejarah Microsoft Office
Sejarah Microsoft Office dan perkembangannya dari tahun ke tahun memang
perlu kita ketahui, agar kita juga tidak ketinggalan versi-versi terbarunya.
Karena tidak bisa dipungkiri lagi, dizaman sekarang keseharian hidup kita
dalam hal pekerjaan “ misalnya “ tidak lepas dari Aplikasi perkantoran ini,
seperti halnya untuk membuat surat, menginput data karyawan, membuat karya
ilmiah dan lan sebagainya, semua itu kita bisa memanfaatkan Microsoft Office.
Jadi, alangkah baiknya kita mengenal lebih jauh tentang sejarah Microsoft
Office dan perkembangannya hingga sampai saat ini. Dalam perjalanannya,
sejarah Microsoft Office banyak mengalami perubahan dan penambahan fasilitas
dari tahun pertama kali diperkenalkannya yaitu tahun 1989. Dan untuk mengenal
lebih jauh serta mengikuti perkembangannya, berikut awalmula.com kutipan dari
berbagai sumber sejarah dan perkembangan Microsoft Office.
Sejarah Microsoft Office sesuai dengan namanya, software ini di produksi
oleh perusahaan raksasa bernama Microsoft. Microsoft Office pertama kali
diperkenalkan pada tahun 1989.
Pada tanggal 30 Agustus 1992, Microsoft meluncurkan Microsoft Office versi
3.0. Pada versi tersebut Microsoft Office menyertakan Microsoft Word
sebagai pengolah kata, Microsoft Exel sebagai pengolah angka, Microsoft
Power Point digunakan sebagai aplikasi presentasi yang handal dan Microsoft
Mail digunakan untuk menerima dan mengirim email.
Setelah populer dengan Microsoft Office versi 3.0, pada tahun 1995-an
Microsoft kembali meluncurkan Microsoft Office 95 bersamaan waktu itu Microsoft
meluncurkan sistem operasi Microsoft Windows 95. Pada sistem operasi ini
Microsoft merombak total windows versi 3.1 dan windows 3.11 for workgroup,
perubahan yang cukup signifikan dalam sejarah sistem operasi PC saat itu.
Sejalan perkembangan sistem operasi windows, Microsoft Office sendiri terus
berkembang dan semakin mapan danterus digandrungi serta digunakan oleh sebagian
besar masyarakat komputer didunia termasuk indonesia.
Sampai pada tahun 2000-an microsoft telah meluncurkan bebrapa versi
microsoft office dan sampai saat ini masih tetap digunakan sebagai andalan
aplikasi perkantoran modern. Beberapa versi dari microsoft office yang masih
banyak digunakan saat ini antar lain microsft office 2000 microsoft office XP
(2002), dan microsoft office 2007.
Pada kenyataannya sampai saat ini masih banyak kemampuan microsoft office
2003 maish belum tersentuh oleh pemakainya. Namun sejalan dengan perkembangan
teknologi dan sisitem operasi yang juga terus berkembang , maka diluar dugaan
microsoft kembali meluncurkan microsoft office 2007 bersaam dengan windows
vista.
2.
Pengertian Microsoft Word
Microsoft Word atau Microsoft
Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan
Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk
Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi,
misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft
Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan
2007 diberi nama Microsoft Office Word.
Microsoft Word adalah sebuah
perangkat lunak atau program aplikasi pengolah data berupa huruf atau angka
yang dipergunakan untuk keperluan bisnis, pekerjaan, pembuatan laporan,
pembuatan dokumen, makalah, skripsi atau hal lain yang berkaitan dengan tulis
menulis yang dikembangkan oleh Perusaan Microsoft.
Microsoft Word itu sendiri
merupakan produk andalan microsoft yang sangat banyak digunakan oleh mayoritas
pengguna komputer/laptop di dunia. Kehadiran Microsoft Word memberikan banyak
perubahan di era digital sekarang ini.
Mesin ketik yang dulu lazim
digunakan sekarang sudah tergantikan oleh Microsoft Word ini. Kita dapat dengan
mudah membuat dokumen, menyimpannya, dan bisa langsung dicetak (print) kapan
saja sesuai kehendak kita.
Jadi seandainya dokumen
(dalam bentuk kertas) itu hilang, maka kita dapat dengan mudah untuk membuat hardcopy
dengan mencetaknya. Untuk mengoperasikan program aplikasi ini juga tidak sulit
bahkan mudah untuk pengguna baru.
3.
Perkembangan Microsoft Word
Microsoft word
atau microsoft office word adalah perangkat lunak pengolah kata (word
processor) andalan microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama
multi-tool word untuk Xenix, versi-versi lain juga dikembangkan untuk berbagai
sistem operasi, misalnya DOS (1983), apple macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan
microsoft windows (1989). Setelah menjadi bagian dari microsoft office sistem
2003 dan 2007 diberi nama microsoft office word.
Banayak ide
konsep word diambil dari bravo, pengolah kata berbasis grafik pertama yang
dikembangkan di Xerox Palo Alto Research center (PARC). Pencipta Bravo, Charles
Simonyi, meninggalkan Xeros PARC dan beralih ke microsoft pad 1981. Simonyi
juga menggaet Richard Brodie dar PARC pad 1 februari 1983, perkembangan multi
tool dimulai.
Setelah diberi
nama baru microsoft word, microsoft menerbitkan program ini pada t25 oktober
1983 untuk IBM PC. Saat tiu dunia pengelolah kata dikuasai oleh wordperfect dan
juga wordstar .word memiliki konsep “what you see is what you get”. Atau
WYSIWYG, dan merupak program pertama yang dapat menghasilkan cetak tebal dan
cetak miring pada IBM PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat itu
tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word processor
berbasis DOS lain, seperti wordstar dan wordperfect, menampilkan hanya teks
dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan cetak tebal,
miring dan sebagainya.
Word untuk
macintosh, meski memiliki banyak tampilan dari versi DOS nya, diprogram oleh
Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dengan kode sumber versi DOS, yang ditulis
untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada
program seperti itu yang beredar di publik. Setelah Lissa write dan Marcwrite,
microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG kedalam program word for
macintosh. Setelah Word for macintosh dirilis pada tahun 1985,
Versi
selanjutnya dari word for macintosh, adalah word 3,0, yang dirilis pada tahun
1987. Versi ini mencangkup bnyak peningkatan dan fitur baru dan memiliki banyak
bug. Dalam hanya beberapa bulan, microsoft mengganti word 3,0 dengan word 3,01
yag jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari word 3,0 dikirimi surat
yang berisi salinan word 3,01 secara gratis, sehingga menjadikan ini kesalahan
microsft paling mahal untuk di tebus pada waktu itu. Word 4,0 yang dirilis pada
tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil degunakan.
Pada rentang
tahun ini, word for windows diluncurkan. Versi pertama dari word for windor
dirilis pada tahun 1989 dengan harga 500 dollar amerika serikat. Dengan
dirilisnya microsoft windos 3.0 pada tahun selanjutnya, penjualan pun akhirnya
terdongkrak naik, mengingat word for windows 1.0 didesain untuk windows 3.0 dan
performanya sangat uruk jika dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft
menunggu hingga merilis word 2.0 untuk mengukuhkan microsoft word sebagai
pemimpin pasar pengolah kata.
B.
Jenis Aplikasi Microsoft Word
Aplikasi
pengolahan kata yang sangat familiar untuk pengguna komputer mungkin hanya
Microsoft Word. Namun, ternyata ada banyak aplikasi lain yang berfungsi sebagai
aplikasi pengolahan kata. Dari masing-masing aplikasi pengolahan kata tersebut
memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Beberapa aplikasi pengolahan
kata yang digunakan secara luas oleh penggunanya dalah Lotus World,
Wondperfect, StarOffice Writter, OpenOffice Writer dan Microsoft Word.
1.
Microsoft Word

Microsoft word merupakan program pengolah kata
yang paling banyak digunakan oleh semua orang, Microsoft Word mempunyai
kemampuan yang sangat bagus dalam membuat berbagai jenis dokumen mulai dari
buku, buku memo, surat, berbagai jenis dokumen-dokumen dan lainnya.Selain itu
Microsoft Word dapat digunakan dengan cara mudah dengan kata lain “user
friendly” Karena Microsoft Word dilengkapi dengan tampilan berupa grafis yang
dilengkapi dengan tombol-tombol dan menu menu yang membuat kita bekerja dengan
sangat mudah.
2.
Lotus Word Pro

Lotus word pro merupakan aplikasi untuk
pengolahan kata yang dikeluarkan oleh IBM, apikasi ini dikeluarkan berbarengan
dengan aplikasi office lainnya yang dikenla dengan naman Lotus smartsuite.
Kelebihan yang dimiliki oleh Lotus Word Pro adalah kemampuannya untuk
mempertukarkan file file dokumen dengan Microsoft Word, Lotus word pro juga
dapat membuka file file microsoft word aplikasi pengolahan kata lainnya. Word
Pro dilengkapi dengan fasilitas Helpfull Menu Finder yang membantu pengguna
untuk menemukan seluruh perintah yang sesuai dengan perintah wordperfect.
3.
Corel
WordPerfect
Aplikasi pengolahan kata lainnya yaitu
wordperfect, yang merupakan aplikasi program yang dapat dijalankan dikomputer
dengan sistem operasi windows. Wordperfect versi terakhir yaitu perfect office
X3 yang dapat dijalankan pada sistem operasi windows xp, windows 2008, windows
98. Namun terdpat kekurangan pada wordperfect yaitu perfect office 3
membutuhkan spesifikasi hardware yang cukup tinggi yaitu prosesor Pentium 3
atau sederajat dengan memori 128 MB. Wordperfect office X3 memiliki kemampuan
untuk membaca file file yang dikerjakan pada jenis aplikasi pengolahan kata
lain, seperti pada aplikasi microsoft word, microsoft excel dan microsoft
powerpoint.
4.
Star Office
Writter
Star office writer memiliki kesaman dengan
microsoft word, yang merupakan aplikasi perangkat lunak yang bersifat
multiplatform, yaitu aplikasi dapat dijalankan diberbagai macam sistem operasi
baik linux, windows, unix, solaris dan sistem operasi lainnya. Perbedaan yang
mendasar antara Starr Office writter dengan Microsoft office yaitu terletak
pada file ekstensinya. Jika pada Ms.word menggunakan file ekstensi *doc, pada
Star Office Writter meenggunakan file ektensi *odt. Namun jenis file ektensi
*odt masih dapat dirubah menjadi file ektensi *doc.
5.
Open Office
Hampir sama
dengan Ms.Word. Bedanya Open Office dikembangkan dengan lisensi GPL (General
Public Licensi) , sehingga dapat didistribusikan secara bebas. Open Office
dilengkapi fitur bawaan “export as PDF”, sehingga file yang telah kita ketik
bisa diubah langsung ke PDF tanpa repot-repot menginstall Adobe Acrobat
6.
Kword

KWord memiliki kesamaan dengan Open Office dan
Abi Word, yakni sama-sama berlisensi GPL. Aplikasi ini dikembangkan oleh KDE (K
Desktop Environment) yang merupakan lingkup desktop yang sering digunakan dalam
sistem operasi berbasis Linux. Program KWord dapat berjalan di OS Windows,
Linux dan MC.OS.
7.
Atlantis Word
Processor
AtlantIs Word Processor memiliki kesamaan
tampilan dengan Microsoft Word. Aplikasi ini mendukung file ekstensi, Document
(*doc), Rich Text Format (RTF), Encrypted Document (COD), dan Standart Text (*txt)
8.
Word Star
WordStar adalah sebuah aplikasi pengolah kata,
dipublikasikan oleh MicroPro International, Software ini sempat populer pada
awal 1980-an. Bahkan Wordstar hampir sudah bisa dikatakan dapat menggantikan
yang namanya Mesin Ketik kala itu. Saat ini Word Star sudah tidak digunakan
lagi. Sebab Word Star tidak memiliki menu-menu yang memadai. Oleh karena itu
semua perintah-perintah di Word Star harus dihapal luar kepala.
C.
Fungsi dan Kegunaan Microsoft Word
Sebagaimana yang kita ketahui, Microsoft Word dipergunakan untuk membantu
pembuatan dokumen berupa laporan ataupun makalah. Namun, adakalanya kita lupa
memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada dalam Microsoft Word, padahal dengan memanfaatkan
fasilitas tersebut dapat membantu mempercepat pembuatan dokumen. Oleh karena
itu, tulisan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali (terutama untuk saya
pribadi) berbagai fasilitas yang ada dalam Microsoft Word.
1. Jenis huruf
Agar dokumen yang dihasilkan tidak terlalu banyak mengalami editing dalam
masalah “font”, sebaiknya tentukan dulu default font yang akan dipergunakan.
(Menu Home+ Font)
2. Pembuatan Numbering
Biasanya, pembuatan suatu dokumen mengacu kepada peraturan tertentu dalam
pembuatan dokumen (misal Bab I Pendahuluan, Bab II Tinjauan Pustaka). Oleh karena
itu, harus didefinisikan terlebih dahulu mengenai numbering yang sesuai dengan
peraturan pembuatan suatu dokumen.
3. Pembuatan Outline
Biasakan bekerja dengan dokumen view berupa Outline. (Menu View + Document
Views + Outline). Hal ini akan memudahkan kita untuk membuat poin-poin penting
yang akan dituangkan dalam dokumen. Pembuatan dokumen dalam bentuk outline,
minimal sampai dengan level 3. Ada kalanya pada saat perpindahan dari level 1
ke level 2 kita diharuskan untuk mengubah list level (Menu home+ Multiple
List+Change List Level)
4. Pemakaian Break Section
Biasanya dalam suatu
dokumen terdapat perbedaan jenis penomoran halaman untuk tiap section
(misalnya : halaman sampul biasanya tidak ada nomor halaman, Kata Pengantar
& Daftar Isi & Daftar Tabel diberi nomor halaman jenis “i, ii, iii,…”
, Bab I dst diberi nomor jenis “1,2,3…”) Oleh karena itu untuk setiap
pergantian jenis halaman tersebut diberikan break section. ( Menu Page Layout
+Break +Next Page).
5. Penomoran Halaman
Seperti yang telah disebut pada poin 4, maka penomoran halaman akan
menggunakan fasilitas break section. Setiap section diberi nomor halaman
seperti yang dikehendaki ( Menu insert + Page Number + Format Page Number +
Page numbering + start at … kemudian pilih letak nomor halaman bottom
atau top of page) khusus halaman sampul, biasanya tidak ada nomor halaman, oleh
karena itu header/footer nya perlu diedit (Menu insert + header/footer + edit
header/footer + Design + pilih different first page)
6. Pembuatan Daftar Tabel
Tabel/Gambar/Bagan yang dibuat diusahakan diberi caption yang terdiri dari
judul bab dan nomor gambar. (Menu References + insert Caption… pada option
pilih label yang diinginkan, hilangkan tanda centang pada exclude label from
caption). Untuk pembuatan daftar tabel/gambar/bagan maka pilih menu references
+ insert table of figures) maka daftar tabel dapat muncul secara otomatis.
Apabila ada perubahan posisi halaman pada tabel/gambar/bagan, maka daftar tabel
tinggal diklik kanan pilih update field.
7. Pembuatan Daftar Isi
Pembuatan daftar isi secara otomatis adalah dengan memilih references +
table of contents. Apabila ada perubahan dalam letak halaman maka daftar isi
tinggal di update (sama seperti update daftar tabel)
8. Editing dengan Document Map
Agar editing yang dilakukan dapat dilakukan dengan cepat maka dapat
memanfaatkan fasilitas document map (Menu View + document map). Dengan
fasilitas ini, perpindahan halaman yang akan diedit dapat berlangsung lebih
cepat)
D. Fitur dan Fungsi Tools yang
Tersedia dalam Microsoft Word
Seperti yang sudah kita ketahui bahwa di dalam lembar
kerja Microsoft Word terdiri dari beberapa bagian dengan fungsinya
masing-masing. Mungkin ada dari kalian yang baru belajar komputer dan belum
mengenal apa saja fungsi dari setiap menu dan ikon yang ada di Microsoft Word.
Untuk itulah kali ini kami akan menyediakan panduan dan penjelasan lengkap
tentang fungsi dari setiap menu dan ikon yang terdapat di lembar kerja
Microsoft Word.
Ketika kita
membuka software Microsoft Word maka akan disuguhi tampilan dengan berbagai
macam ikon dan menu. Masing-masing bagian memiliki fungsi dan perannya dalam
menjalankan setiap perintah penting. Berikut ini adalah penjelasan singkat
tentang bagian-bagian yang terdapat dalam lembar kerja Microsoft Word.
Quick Acces Toolbar : Kumpulan ikon yang terletak di bagian pojok kiri
atas. Ini merupakan menu yang memudahkan pengguna untuk mengakses perintah yang
sering digunakan seperti save, undo, redo dll.
Title Bar : Ini merupakan bagian tengah atas dari lembar kerja Microsoft
Word yang menampilkan judul dari file yang sedang kita kerjakan. Bagi file yang
belum tersimpan biasanya akan menampilkan judul “Document”.
Page Status : Terletak di bagian bawah lembar kerja Microsoft Word dan
biasanya berfungsi untuk menampilkan jumlah halaman, kata dan bahasa yang
sedang digunakan.
Tab Menu : Kumpulan menu yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda
untuk menyesuaikan pengaturan pada dokumen.
Ribbon Tool : Ini merupakan “isi” tab menu, kumpulan ikon yang mewakili
berbagai fungsi dan perintah spesifik tertentu.
Scroll Bar : Bagian ini terdapat ini bagian kiri dan bawah Microsoft Word
dan berfungsi untuk menggeser lembar kerja secara horizontal dan vertical.
Zoom Menu : berada di bagian kiri bawah dan berperan untuk melakukan
zooming (memperbesar dan memperkecil tampilan lembar kerja Microsoft Word).
Windows Menu : berisi 3 buah perintah yaitu minimize untuk membaca word ke
latar belakang. Maximize/restore down untuk mengubah ukuran tampilan Microsoft
Word dan Close untuk menutup lembar kerja Microsoft Word.
Setelah
mengetahui nama dan fungsi dari bagian dalam lembar kerja Microsoft Word, kita
juga harus belajar lebih spesifik tentang fungsi ikon yang bertaburan disana.
Berikut ini kami telah merangkum fungsi dan perintah yang dapat dijalankan
melalui menu dan ikon pada Microsoft Word.
1. File
Pertama
adalah menu file, disini terdapat berbagai perintah dasar dan ada juga bagian
untuk menyesuaikan pengaturan lembar kerja.
|
No
|
Icon
|
Keterangan
|
|
1
|
Save
|
Untuk menyimpan dokumen word yang telah kita kerjakan
|
|
2
|
Save as
|
Hampir mirip seperti save, namun fungsinya adalah menyimpan sebagai
dokumen dengan nama baru
|
|
3
|
Open
|
Membuka file dokumen yang sebelumnya telah kita simpan
|
|
4
|
Close
|
Menutup dokumen yang sedang kita buka
|
|
5
|
Info
|
Menampilkan rincian info terkait dengna dokumen yang sedang dikerjakan
|
|
6
|
Recent
|
Menampilkan daftar dokumen yang baru-baru ini dibuka/diedit
|
|
7
|
New
|
Membuat lembar kerja Microsoft word baru
|
|
8
|
Print
|
Untuk mengeprint dokumen yang telah kita buat
|
|
|
|
|
|
9
|
Save and Send
|
Berfungsi untuk menyimpan dokumen kemudian mengirimnya lewat email
ataupun diposting ke website
|
|
10
|
Help
|
Menu bantuan apabila ada masalah pada Microsoft Word.
|
|
11
|
Option
|
Berisi berbagai menu untuk melakukan penyesuaian terhadap dokumen
|
|
12
|
Exit
|
Berfungsi untuk menutup aplikasi Microsoft Word
|
2.
Home
a.
Clipboard : Ribbon group ini
terdiri dari beberapa ikon yang umumnya berfungsi untuk mengcopy ataupun
memindah elemen dalam dokumen.
|
No
|
Icon
|
Keterangan
|
|
1
|
Paste
|
Ikon ini
memiliki fungsi untuk menempelkan suatu teks ataupun objek (gambar, tabel
dll) yang sebelumnya telah di copy atau cut
|
|
2
|
Cut
|
Berfungsi
untuk memindah dan memotong teks ataupun objek (gambar, tabel dll).
|
|
3
|
Copy
|
Berfungsi
untuk menyalin dan mengcopy teks ataupun objek (gambar, tabel dll).
|
|
4
|
Format
Painter
|
Kita bisa
menggunakannya untuk meniru/menyalin format halaman dan menggunakannya di
halaman lain
|
b.
Font : Ribbon group yang terdiri dari berbagai ikon untuk mengubah dan
menyesuaikan font baik itu warna, ukuran, jenis dan berbagai efek lainnya.
|
No
|
Icon
|
Keterangan
|
|
1
|
Font
|
Kita bisa
memilih jenis dan gaya huruf pada bagian ini.
|
|
2
|
Font Size
|
Berguna
untuk mengubah dan menyesuaikan ukuran huruf pada dokumen
|
|
3
|
Grow Font
|
Berfungsi
untuk menambah/memperbesar ukuran font.
|
|
4
|
Shrink Font
|
Berfungsi
untuk mengurangi/mengecilkan ukuran font.
|
|
5
|
Change Case
|
Untuk
mengubah penggunakan huruf kapital pada teks yang dipilih.
|
|
6
|
Clear
Formatting
|
Menghapus/memformat
pengaturan yang telah diterapkan pada sebuah teks.
|
|
7
|
Bold
|
Memberikan
efek tebal ada huruf
|
|
8
|
Italic
|
Memberikan
efek miring pada teks
|
|
9
|
Underline
|
Memberikan
efek garis bawah pada teks.
|
|
10
|
Strikethrough
|
Memberikan
efek coretan di tengah teks
|
|
11
|
Subscript
|
Untuk
membuat format pangkat diatas
|
|
12
|
Superscript
|
Untuk
membuat format pangkat dibawah
|
|
13
|
Text Effect
|
Untuk
membuat teks dengan berbagai efek
|
|
14
|
Text
Highlight
|
Untuk
membuat semacam efek stabilo
|
|
15
|
Font Color
|
Berfungsi
untuk mengubah serta memilih warna dari teks/huruf.
|
c.
Paragraph : Ribbon group yang
berisi berbagai ikon dengan fungsi untuk mengatur dan menyesuaikan paragraph
pada dokumen.
|
No
|
Icon
|
Keterangan
|
|
1
|
Bullet
|
Untuk
menambahkan bullet dan berbagai tanda lainnya pada format listing.
|
|
|
|
|
|
2
|
Numbering
|
Berfungsi
menambahkan penomoran urut secara otomatis
|
|
3
|
Decease
Indent
|
Untuk
menggeser paragraph ke bagian kiri.
|
|
4
|
Increase
Indent
|
Untuk
menggeser paragraph ke bagian kanan.
|
|
5
|
Alignment
Left
|
Membuat teks
menjadi rata kiri
|
|
6
|
Alignment
Center
|
Membuat teks
menjadi rata tengah
|
|
7
|
Alignment
Right
|
Membuat teks
menjadi rata kanan
|
|
8
|
Justify
|
Membuat teks
menjadi rata kanan kiri
|
|
9
|
Line and
Paragraph
|
Mengatur dan
menyesuaikan jarak antar baris.
|
|
10
|
Shading
|
Untuk
mengubah warna latar belakang teks.
|
|
11
|
Border
|
Menambahkan
garis tepi/border pada teks yang telah dipilih.
|
d.
Style : Ribbon Group yang terdiri
dari berbagai text formatting yang telah disetting sedemikian rupa sehingga
bisa digunakan secara cepat dilain waktu tanpa harus mengaturnya kembali
e.
Editing : Ribbont Group yang berisi
beberapa ikon untuk melakukan editing terhadap dokumen
|
No
|
Icon
|
Keterangan
|
|
1
|
Find
|
Berfungsi
untuk mencari dan menemukan kata tertentu dalam dokumen.
|
|
2
|
Replace
|
Untuk
menemukan kata tertentu kemudian menggantinya dengan kata lain.
|
|
|
|
|
|
3
|
Select
|
Untuk
memilih/memblock teks pada dokumen.
|
|
|
|
|
3.
Insert
Tab menu insert secara keseluruhan
berisi fungsi untuk memasukan objek ke dalam dokumen.
a.
Pages: Ribbon group berisi ikon
untuk mengatur dan menyesuaikan pengaturan pada halaman dokumen.
|
No
|
Icon
|
Keterangan
|
|
1
|
Cover Page
|
Berfungsi
untuk menyisipkan halaman cover pada dokumen.
|
|
2
|
Blank Page
|
Berfungsi
untuk memasukan sebuah halaman kosong ke dokumen.
|
|
3
|
Page Break
|
Berfungsi
untuk memotong/memutus halaman dan pindah ke halaman berikutnya.
|
b.
Table : Ikon untuk
menyisipkan/membuat tabel pada dokumen.
c.
Illustratisons : Ribbon group
berisi berbagai ikon untuk menyisipkan objek seperti gambar, clipart, tabel,
chart dll.
|
No
|
Icon
|
Keterangan
|
|
1
|
Picture
|
Memasukan
gambar dari penyimpanan komputer ke dalam dokumen.
|
|
2
|
Clipt Art
|
Memasukan
clip art yang telah disediakan ke dalam dokumen.
|
|
3
|
Shapes
|
Membuat
berbagai bentuk sederhana seperti kotak, lingkaran dll.
|
|
4
|
SmartArt
|
Membuat
semacam tabel structural ke dalam dokumen.
|
|
5
|
Chart
|
Membuat
grafik dengan berbagai bentuk.
|
|
|
|
|
d.
Links : Ribbon group yang berisi
ikon dengan fungsi untuk menghubungkan ke url/link, dokumen ataupun objek lain.
|
No
|
Icon
|
Keterangan
|
|
1
|
Hyperlink
|
Ikon yang
berfungsi untuk memasukan sebuah link/url web tertentu ke dalam dokumen.
|
|
2
|
Bookmark
|
Berguna
untuk menghubungkan suatu bagian dari dokumen dengan bagian lainnya.
|
|
3
|
Cross-reference
|
Digunakan
untuk menghubungkan sebuah teks dengan suatu objek (gambar, tabel, dll) yang
masih dalam dokumen yang sama
|
e.
Header & Footer : Ribbon group
yang satu ini berfungsi untuk menyesuaikan pengaturan pada bagian header dan
footer dokumen
|
No
|
Icon
|
Keterangan
|
|
1
|
Header
|
Menambahkan
header pada bagian atas setiap dokumen.
|
|
2
|
Footer
|
Menambahkan
footer pada bagian bawah halaman dokumen.
|
|
3
|
Page Number
|
Menyisipkan
nomor pada setiap halaman di dokumen.
|
f.
Text : Ribbon group dengan fungsi
untuk membuat teks dengan berbagai efek dan bentuk
|
No
|
Icon
|
Keterangan
|
|
1
|
Text Box
|
Untuk
membuat sebuah kota yang bisa diisi teks ke dalam dokumen.
|
|
2
|
Quick Parts
|
Menyisipkan
berbagai objek ke dalam lembar kerja Microsoft Word.
|
|
3
|
Word Art
|
Menambahkan
berbagai efek keren ke sebuah teks.
|
|
4
|
Signature
Line
|
Untuk
menambahkan tempat membubuhkan tanda tangan.
|
|
5
|
Date &
Time
|
Menambahkan
tanggal ke dalam Word.
|
|
6
|
Object
|
Untuk
menambahkan objek tertentu ke dalam dokumen.
|
g.
Symbol : Ribbon group yang berguna
untuk menyisipkan berbagai symbol yang umum digunakan
|
No
|
Icon
|
Keterangan
|
|
1
|
Equation
|
Menambahkan
berbagai symbol yang umum digunakan dalam matematika.
|
|
2
|
Symbol
|
Menambahkan
berbagai bentuk symbol ke dalam lembar kerja Word.
|
|
|
|
|
4.
Page Layout
Tab menu ini berisi berbagai ikon
yang mempunyai fungsi untuk mengatur dan menyesuaikan segala hal yang
berhubungan dengan halaman lembar kerja Microsoft Word.
a.
Themes : Ribbon group dengan
berbagai ikon untuk menyesuaikan tema dan tampilan halaman.
|
No
|
Icon
|
Keterangan
|
|
1
|
Themes
|
Ikon ini
berfungsi untuk memilih tema halaman dan juga warna dari teks
|
|
2
|
Colors
|
Menentukan
warna dari tema halaman.
|
|
3
|
Font
|
Memilih
jenis font yang akan digunakan pada dokumen.
|
|
4
|
Effects
|
Mengatur
efek yang akan berdampak pada objek yang ada di dokumen.
|
b.
Page Setup : Ribbon group yang
berguna untuk mengatur segala hal yang berhubungan dengan halaman
|
No
|
Icon
|
Keterangan
|
|
1
|
Margin
|
Menyesuaikan
batas pinggir dari suatu dokumen.
|
|
2
|
Orientation
|
Menentukan
apakah dokumen akan berbentuk horizontal atau vertical.
|
|
3
|
Size
|
Menyesuaikan
ukuran panjang dan lebar halaman dokumen.
|
|
4
|
Columns
|
Menentukan
jumlah teks akan dibagi menjadi berapa kolom.
|
|
5
|
Breaks
|
Mengatur
bentuk dan letak dari halaman ataupun kolom teks.
|
|
6
|
Line Numbers
|
Memberikan
penomoran pada setiap baris teks.
|
|
7
|
Hyphenation
|
Untuk
memisahkan antara kata dengan penghubung.
|
c.
Page Background : Ribbon group
untuk mengatur efek pada halaman.
|
No
|
Icon
|
Keterangan
|
|
1
|
Watermark
|
Menu yang berfungsi untuk
memberikan watermark pada lembar kerja.
|
|
2
|
Page Color
|
Memilih
warna dari halaman dokumen.
|
|
3
|
Page Border
|
Berfungsi
untuk memberikan garis tepi pada dokumen.
|
d.
Paragraph : Ribbon group untuk
menyesuaikan pengaturan terkait paragraph
|
No
|
Icon
|
Keterangan
|
|
1
|
Indent
|
Untuk
menambah ataupun mengurangi jarak teks dari pinggir.
|
|
2
|
Spacing
|
Menentukan
jarak antar paragraf dalam dokumen.
|
e.
Arrange
|
No
|
Icon
|
Keterangan
|
|
1
|
Position
|
Untuk
memilih dan menentukan letak dari suatu objek dalam dokumen.
|
|
2
|
Wrap Text
|
Mengatur
posisi dari objek dalam suatu paragraph.
|
|
3
|
Bring
Forward
|
Untuk
meletakkan suatu objek di depan objek lainnya.
|
|
4
|
Send
Backward
|
Untuk
meletakkan suatu objek di belakang objek lainnya.
|
|
5
|
Selection
Pane
|
Berfungsi
dalam menampilkan navigasi dari suatu objek.
|
|
6
|
Align
|
Menentukan
perataan dari suatu objek.
|
|
7
|
Group
|
Untuk
mengelompokkan beberapa objek menjadi satu kesatuan.
|
|
8
|
Rotate
|
Berfungsi
untuk memutar posisi dari suatu objek.
|
|
|
|
|
5.
References
Tab ini dugunakan untuk memasukkan
berbagai perintah seperti menuliskan footnote (catatan kaki), menyisipkan
gambar, dan membuat tanda citasi. Perhatikan tampilan tab references. Tab
References. References terdiri dari : Table of Contents, Footnotes, Citations
& Bibliography, Captions, Index, Table of Authorities.
a.
Teble Of Contents
|
No
|
Icon
|
Keterangan
|
|
1
|
Table of Contents
|
Digunakan
untuk pengelolaan daftar isi
|
|
2
|
Add Text
|
Digunakan
untuk mengelola paragraf terpilih dalam kaitannya sebagai entri dalam daftar
isi yang sudah dibuat
|
|
3
|
Update Table
|
Digunakan
untuk memperbarui daftar isi
|
b.
Footnotes
|
No
|
Icon
|
Keterangan
|
|
1
|
Insert Footnote
|
Digunakan untuk menyisipkan catatan kaki (rujukan
yang berada di bagian bawah halaman atau footer)
|
|
2
|
Endnote
|
digunakan untuk menyisipkan catatan di akhir bab
|
|
3
|
Next Footnote
|
berfungsi untuk memantau footnote dan endnote
|
|
4
|
Show Note
|
digunakan untuk memperlihatkan lokasi catatan, baik
footnote maupun endnote
|
c.
Citations & Bibliography
|
NO
|
Icon
|
Keterangan
|
|
1
|
Insert Citations
|
Digunakan
untuk menyisipkan kutipan langsung pada daerah kursor aktif
|
|
2
|
Icon Manage
|
Digunakan
untuk mengelola seluruh sumber kutipan yang mungkin sudah disisipkan di semua
segmen file dokumen
|
|
3
|
Style
|
Berfungsi
untuk memilih bentuk bibliography yang diinginkan
|
|
4
|
Bibliography
|
Digunakan
untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen aktif
|
d.
Citations
|
No
|
Icon
|
Keterangan
|
|
1
|
Insert Captions
|
Digunakan untuk membubuhkan keterangan seputar
ilustrasi atau gambar yang sudah disisipkan
|
|
2
|
Insert Table of Figure
|
Digunakan untuk menyisipkan daftar isi gambar yang
disisipkan ke dalam dokumen
|
|
3
|
Update Table
|
Digunakan untuk melakukan pembaruan terhadap daftar
katalog gambar
|
|
4
|
Cross-Reference
|
Berfungsi untuk menyisipkan referensi silang
|
e.
Index
|
No
|
Icon
|
Keterangan
|
|
1
|
Mark Entry
|
digunakan
untuk menandai masukan baru dalam dokumen
|
|
2
|
Insert Index
|
digunakan
untuk menyisipkan daftar kata (indeks) ke dalam dokumen
|
|
3
|
Update Index
|
digunakan
untuk memperbarui daftar indeks terkini
|
f.
Table of Authorities
|
No
|
Icon
|
Keterangan
|
|
1
|
Mark Citations
|
Digunakan
untuk menandai masukan baru dalam dokumen
|
|
2
|
Insert Table of Authorities
|
Berfungsi
untuk menyisipkan tabel sumber kutipan, sumber undang-undang atau konstitusi
|
|
3
|
Update Table
|
Digunakan
untuk melakukan pembaruan terhadap kutipan pada tabel
|
6.
Mailings
Tab ini berguna untuk membuat mail
merger (surat massal), mengetik teks pada amplop, dan membuat label. Mailings
terdiri dari : create, start mail merge, write & insert Fields, preview
results, finish.
a.
Create
|
No
|
Icon
|
Keterangan
|
|
1
|
Envelopes
|
Untuk membuat dan mencetak amplop
|
|
2
|
Labels
|
Untuk membuat dan mencetak label
|
b.
Start Mail Merge
|
No
|
Icon
|
Keterangan
|
|
1
|
Start Mail Merge
|
Untuk membuat
surat yang biasa atau berupa email untuk banyak orang
|
|
2
|
Select Recipients
|
Untuk membuat
daftar penerima surat
|
|
3
|
Edit Recepients List
|
Uuntuk
mengubah daftar penerima surat
|
c.
Write & Insert Field
|
No
|
Icon
|
Keterangan
|
|
1
|
Highlight Merge Field
|
Untuk
mempermudah mengubah informasi yang salah
|
|
2
|
Address Block
|
Untuk
memasukan alamat pada surat yang akan dituju
|
|
3
|
Greeting Line
|
Untuk menambah
nama sapaan
|
|
4
|
Insert Merge Field
|
Untuk menambah
informasi mengenai penerima surat
|
|
5
|
Rules
|
Untuk
memberikan garis pada surat
|
|
6
|
Match Field
|
Untuk
membandingkan surat
|
|
7
|
Update Labels
|
Untuk
memperbarui label pada surat
|
d.
Preview Results
|
No
|
Icon
|
Keterangan
|
|
1
|
Preview Results
|
Untuk melihat hasil surat yang dibuat dan daftar
penerima surat
|
|
2
|
Find Recipient
|
Untuk mencari daftar penerima surat
|
|
3
|
Auto Check for Errors
|
Untuk mengecak kesalahan pada surat
|
e.
Finish, hanya ada sati icon, yaitu Finish
& Merge Untuk mengetahui bahwa surat yang dibuat sudah lengkap
7.
Review
Tab Review
berguna untuk mengecek kesalahan tata bahasa serta memproteksi dokumen. Review
terdiri dari: proofing Comments, Tracking, changes, Compare, Protect.
a.
Proofing
|
No
|
Icon
|
Keterangan
|
|
1
|
Spelling & Grammar
|
Memeriksa
ejaan teks
|
|
2
|
Research
|
Membuka panel
penelitian referensi
|
|
3
|
Thesaurus
|
Saran kata
yang sepadan
|
|
4
|
Word Count
|
Menemukan
banyak kata, paragra, dan kalimat di dalam documen
|
|
|
|
|
b.
Language
|
No
|
Icon
|
Keterangan
|
|
1
|
Translate
|
Menerjemahkan kata ke bahasa lain
|
|
2
|
Language
|
Mengatur bahasa dengan mengecek dulu ejaan dan tata
bahasa yang terpilih
|
c.
Comments
|
No
|
Icon
|
Keterangan
|
|
1
|
New Comment
|
Memasukkan
komentar baru
|
|
2
|
Delete
|
Menghapus
komentar
|
|
3
|
Previous
|
Memperlihatkan
komentar sebelumnya
|
|
4
|
Next
|
Memperlihatkan
komentar selanjutnya
|
f.
Tracking
|
No
|
Icon
|
Keterangan
|
|
1
|
Track Change
|
Menelusuri
perubahan yang terjadi pada dokumen
|
|
2
|
Final Show Markup
|
Memilih
bagaimana memandang perubahan yang di usulkan pada dokumen
|
|
3
|
Show Markup
|
Memilih markup
seperti apa untuk menunjukkan dokumen
|
|
4
|
Reviewing Pane
|
Menunjukkan
suatu revisi pada jendela yang terpisah
|
g.
Changes
|
No
|
Icon
|
Keterangan
|
|
1
|
Accept
|
Menerima
perubahan baru dan mengusulkan perubahan selanjutnya
|
|
2
|
Reject
|
Menolak
perubahan baru dan mengusulkan perubahan selanjutnya
|
|
3
|
Previous
|
Menampilkan
revisi sebelumnya di dalam dokumen sehingga dapat menerima/menolak
|
|
4
|
Next
|
Menampilkan dokumen yang dapat diterima/ditolak
|
h.
Compare untuk mengkombinasikan
berbagai versi dari document
i.
Protect untuk melindungi hasil
kerja karena merupakan sebuah privasi
8.
View
Tab View digunakan untuk
menampilkan atau mencetak dokumen pada layar, mengatur ukuran cetakannya, dan
menampilkan garis bantu pada lembar kerja. Menu View berfungsi untuk mengatur
tampilan layar dari dokumen yang kita kerjakan. Berikut ini merupakan berbagai
fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu View.
a.
Document Views
|
No
|
Icon
|
Keterangan
|
|
1
|
Print Layout
|
Untuk melihat
hasil kerja yang akan di cetak
|
|
2
|
Full Screen Reading
|
Untuk melihat
dan membaca hasil kerja dengan ukuran maksimal
|
|
3
|
Web Layout
|
Untuk melihat
hasil kerja di web
|
|
4
|
Outline
|
Untuk melihat
hasil kerja sesuai dengan urutan atau bagan
|
|
5
|
Draft
|
Untuk melihat
hasil kerja sesui dengan konsep, sehingga jika salah cepat dibenarkannya
|
|
|
|
|
b.
Show
|
No
|
Icon
|
Keterangan
|
|
1
|
Rules
|
Untuk
menampilkan penggaris
|
|
2
|
Girdlines
|
Untuk
menampilkan garis kisi
|
|
3
|
Navigatin Pane
|
Arahan atau
petunjuk untuk memudahkan mencari suatu bagian dari suatu lembar kerja pada
suatu halaman Microsof Word
|
c.
Zoom
|
No
|
Icon
|
Keterangan
|
|
1
|
Zoom
|
Untuk
Memperbesar tampilan
|
|
2
|
100%
|
Untuk
memperbesar hasil lembar kerja ke ukuran normal
|
|
3
|
One Page
|
Untuk melihat
hasil lembar kerja ke dalam satu halaman penuh
|
|
4
|
Two Page
|
Untuk melihat
hasil lembar kerja ke dalam dua halaman penuh
|
|
5
|
Page Widht
|
Untuk melihat
hasil lembar kerja sesuai dengan lebar halaman
|
d.
Window
|
No
|
Icon
|
Keterangan
|
|
1
|
New Window
|
Membuka
jendela baru yang memperlihatkan dokumen tersebut
|
|
2
|
Arrange All
|
Mengatur semua
jendela program sejajar berdampingan
|
|
3
|
Split Windows
|
Membagi
jendela menjadi beberapa penel yang memperlihatkan lembar kerja
|
|
|
|
|
|
4
|
View Side by Side
|
Memperlihatkan
jendela berdampingan
|
|
5
|
Synchronous Scrolling
|
Membuat dua
jendela menggulung bersamaan
|
|
|
|
|
|
6
|
Reset Window Position
|
Menset ulang
posisi jendela berdampingan
|
|
7
|
Switch Windows
|
Untuk
melakukan peralihan dokumen Word yang terbuka pada halaman utama dengan
dokumen Word yang berbeda
|
e.
Macros untuk Memperlihatkan,
membuat, dan menghapus daftar macro dokumen. Juga berfungsi untuk merekam
sebuah macro ataupun menerima pengaturan macro lainnya.
BAB III
PENUTUP
A.
Simpulan
Microsoft Office sesuai
dengan namanya, software ini di produksi oleh perusahaan raksasa bernama
Microsoft. Microsoft Office pertama kali diperkenalkan pada tahun 1989. Pada
tanggal 30 Agustus 1992, Microsoft meluncurkan Microsoft Office versi
3.0. Pada versi tersebut Microsoft Office menyertakan Microsoft Word
sebagai pengolah kata, Microsoft Exel sebagai pengolah angka, Microsoft
Power Point digunakan sebagai aplikasi presentasi yang handal dan Microsoft
Mail digunakan untuk menerima dan mengirim email. Microsoft Word atau Microsoft
Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan
Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk
Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi,
misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft
Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan
2007 diberi nama Microsoft Office Word.
Aplikasi pengolahan kata yang
sangat familiar untuk pengguna komputer mungkin hanya Microsoft Word. Namun,
ternyata ada banyak aplikasi lain yang berfungsi sebagai aplikasi pengolahan
kata. Dari masing-masing aplikasi pengolahan kata tersebut memiliki kelebihan
dan kekurangan masing-masing. Beberapa aplikasi pengolahan kata yang digunakan
secara luas oleh penggunanya dalah Lotus World, Wondperfect, StarOffice
Writter, OpenOffice Writer dan Microsoft Word.
Microsoft Word dipergunakan untuk membantu
pembuatan dokumen berupa laporan ataupun makalah. Namun, adakalanya kita lupa
memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada dalam Microsoft Word, padahal dengan memanfaatkan
fasilitas tersebut dapat membantu mempercepat pembuatan dokumen. Oleh karena
itu, tulisan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali (terutama untuk saya
pribadi) berbagai fasilitas yang ada dalam Microsoft Word.
Microsoft
Word disuguhi tampilan dengan berbagai macam ikon dan menu. Masing-masing
bagian memiliki fungsi dan perannya dalam menjalankan setiap perintah penting. Bagian-bagian
yang terdapat dalam lembar kerja Microsoft Word secara singkat seperti Quick Acces Toolbar : Kumpulan ikon yang terletak di
bagian pojok kiri atas. Ini merupakan menu yang memudahkan pengguna untuk
mengakses perintah yang sering digunakan seperti save, undo, redo dll. Title
Bar : Ini merupakan bagian tengah atas dari lembar kerja Microsoft Word yang
menampilkan judul dari file yang sedang kita kerjakan. Bagi file yang belum
tersimpan biasanya akan menampilkan judul “Document”. Page Status : Terletak di
bagian bawah lembar kerja Microsoft Word dan biasanya berfungsi untuk
menampilkan jumlah halaman, kata dan bahasa yang sedang digunakan. Tab Menu :
Kumpulan menu yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda untuk
menyesuaikan pengaturan pada dokumen. Ribbon Tool : Ini merupakan “isi” tab
menu, kumpulan ikon yang mewakili berbagai fungsi dan perintah spesifik
tertentu. Scroll Bar : Bagian ini terdapat ini bagian kiri dan bawah Microsoft
Word dan berfungsi untuk menggeser lembar kerja secara horizontal dan vertical.
Zoom Menu : berada di bagian kiri bawah dan berperan untuk melakukan zooming
(memperbesar dan memperkecil tampilan lembar kerja Microsoft Word). Dan Windows
Menu : berisi 3 buah perintah yaitu minimize untuk membaca word ke latar belakang.
Maximize/restore down untuk mengubah ukuran tampilan Microsoft Word dan Close
untuk menutup lembar kerja Microsoft Word.
B.
Saran
Meskipun
penulis menginginkan kesempurnaan dalam penyusunan makalah ini tetapi
kenyataannya masih banyak kekurangan yang perlu penulis perbaiki. Hal ini
dikarenakan masih minimnya pengetahuan yang penulis miliki. Oleh karena itu
saran yang membangun dari para pembaca sangat penulis harapkan untuk perbaikan
ke depannya.
DAFTAR PUSTAKA
Danang Febriyandra, https://www.mastekno.com/id/fungsi-menu-ikon-word/,
Lavenia
Farmila 07.32
http://ilmudanberitateknologi.blogspot.co.id/2012/12/fitur-fungsi-microsoft-office.html
Nimas , on July 7, 2016 , http://www.pro.co.id/macam-macam-perangkat-lunak-aplikasi-pengolahan-kata/
Veranica Tania, Selasa, 28 April 2015 http://tomyprofile.blogspot.co.id/2015/04/microsoft-word.html,
http://blog.uad.ac.id/toro/2011/05/22/kegunaan-microsoft-word/
http://arizalixe.blogspot.com/2013/02/pengertian-fungsi-dan-sejarah-microsoft.html
http://arizalixe.blogspot.com/2013/02/pengertian-fungsi-dan-sejarah-microsoft.html
Maret 3, 2016 tommyuchiko, Maret 3, 2016, https://uchikoblog.wordpress.com/2016/03/03/makalah-microsoft-word-lengkap/
Mudyahardjo, Redja. 2001. Pengantar
Pendidikan Komputer. Jakarta: Rajawali Pers Tirtarahardja, U. Dan La Sula.
2000.
Pengantar Pendidikan Jaringan
Komputer. Jakarta : PT. Rineka Cipta TIM
Dosen FIP. 1995. Pengantar
dasar-dasar Kependidikan. Surabaya : Usaha nasioanal.
http://tyaeducationcomputer.blogspot.com/2008/04/ PC Media. 2004. Berbagai Jenis Komputer. 12. 2004.
Komentar
Posting Komentar