MAKALAH MICROSOFT WORD

z
BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Masalah
Pada saat ini kemajuan teknologi, menyebabkan kebutuhan manusia semakin bertambah, terdapat keterkaitan antara kemajuan teknologi dengan bertambahnya kebutuhan manusia, yaitu kebutuhan manusia menjadi lebih mudah untuk dipenuhi.
Secara tidak lansung manfaat dari berkembangnya teknologi adalah membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti aplikasi Microsoft Office, aplikasi ini sangat membantu para pekerja kantoran, mahasiswa, pelajar, dan masih banyak lagi. Salah satu  bagian dari Microsoft Office adalah Microsoft Office Word.
Microsoft Office Word banyak sekali orang yang mengenalnya akan tetapi tidak sedikit yang kurang mengetahui berbagai fungsi dan kegunaan apa saja yang dimilikinya, maka dari itu kami akan membahasnya melalui makalah yang kami buat mengenai Microsoft Office Word.

B.       Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas tersebut, maka dapat diambil suatu formulasi yang kemudian dirumuskan  sebagai berikut:
1.      Bagaimana sejarah Microsoft Word?
2.      Bagaimana definisi Microsoft Word?
3.      Bagaimana fungsi dan kegunaan Microsoft Word?
4.      Bagaimana fungsi tools dan fitur yang ada dalam Microsoft Word?

C.      Tujuan Penulisan
Dari perumusan masalah di atas, maka tujuan penulisan ini adalah:
1.      Untuk mengetahui dan memahami bagaimana sejarah Microsoft Word?
2.      Untuk mengetahui dan memahami bagaimana definisi Microsoft Word?
3.      Untuk mengetahui dan memahami bagaimana fungsi dan kegunaan Microsoft Word?
4.      Untuk mengetahui dan memahami bagaimana fungsi tools dan fitur yang ada dalam Microsoft Word?

D.      Metode Penulisan
Makalah ini disusun dengan menggunakan metode deskriptif  analisis dan kajian pustaka.

E.       Sitematika Penulisan
Sistematika penulisan makalah ini terdiri dari:
BAB I Pendahuluan berisi: Latar Belakang Masalah, Rumusan Masalah, Tujuan Penulisan, Metode Penulisan, Dan Sitematika Penulisan.
BAB II Pembahasan berisi: Konsep Microsoft Word, Jenis Aplikasi Microsoft Word, Fungsi dan Kegunaan Microsoft Word, dan Fitur dan Fungsi Tools yang Tersedia dalam Microsoft Word
BAB III Penutup berisi: Simpulan dan Saran


BAB II
PEMBAHASAN

A.       Konsep Microsoft Word
1.      Sejarah Microsoft Office
Sejarah Microsoft Office dan perkembangannya dari tahun ke tahun memang perlu kita ketahui, agar kita juga tidak ketinggalan versi-versi terbarunya. Karena tidak bisa dipungkiri lagi, dizaman sekarang keseharian  hidup kita dalam hal pekerjaan “ misalnya “ tidak lepas dari Aplikasi perkantoran ini, seperti halnya untuk membuat surat, menginput data karyawan, membuat karya ilmiah dan lan sebagainya, semua itu kita bisa memanfaatkan Microsoft Office. Jadi, alangkah baiknya kita mengenal lebih jauh tentang sejarah Microsoft Office dan perkembangannya hingga sampai  saat ini. Dalam perjalanannya, sejarah Microsoft Office banyak mengalami perubahan dan penambahan fasilitas dari tahun pertama kali diperkenalkannya yaitu tahun 1989. Dan untuk mengenal lebih jauh serta mengikuti perkembangannya, berikut awalmula.com kutipan dari berbagai sumber sejarah dan perkembangan Microsoft Office.
Sejarah Microsoft Office sesuai dengan namanya, software ini di produksi oleh perusahaan raksasa bernama Microsoft. Microsoft Office pertama kali diperkenalkan pada tahun 1989.
Pada tanggal 30 Agustus 1992, Microsoft meluncurkan Microsoft Office versi 3.0.  Pada versi tersebut Microsoft Office menyertakan Microsoft Word sebagai pengolah kata, Microsoft  Exel sebagai pengolah angka, Microsoft Power Point digunakan sebagai aplikasi presentasi yang handal dan Microsoft Mail digunakan untuk menerima dan mengirim email.
Setelah populer dengan  Microsoft Office versi 3.0, pada tahun 1995-an Microsoft kembali meluncurkan Microsoft Office 95 bersamaan waktu itu Microsoft meluncurkan sistem operasi  Microsoft Windows 95. Pada sistem operasi ini Microsoft merombak total windows versi 3.1 dan windows 3.11 for workgroup, perubahan yang cukup signifikan dalam sejarah sistem operasi PC saat itu.
Sejalan perkembangan sistem operasi windows, Microsoft Office sendiri terus berkembang dan semakin mapan danterus digandrungi serta digunakan oleh sebagian besar masyarakat komputer didunia termasuk indonesia.
Sampai pada tahun 2000-an microsoft telah meluncurkan  bebrapa versi microsoft office dan sampai saat ini masih tetap digunakan sebagai andalan aplikasi perkantoran modern. Beberapa versi dari microsoft office yang masih banyak digunakan saat ini antar lain microsft office 2000 microsoft office XP (2002), dan microsoft office 2007.
Pada kenyataannya sampai saat ini masih banyak kemampuan microsoft office 2003 maish belum tersentuh oleh pemakainya. Namun sejalan dengan perkembangan teknologi dan sisitem operasi yang juga terus berkembang , maka diluar dugaan microsoft kembali meluncurkan microsoft office 2007 bersaam dengan windows vista.

2.      Pengertian Microsoft Word
Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.
Microsoft Word adalah sebuah perangkat lunak atau program aplikasi pengolah data berupa huruf atau angka yang dipergunakan untuk keperluan bisnis, pekerjaan, pembuatan laporan, pembuatan dokumen, makalah, skripsi atau hal lain yang berkaitan dengan tulis menulis yang dikembangkan oleh Perusaan Microsoft.
Microsoft Word itu sendiri merupakan produk andalan microsoft yang sangat banyak digunakan oleh mayoritas pengguna komputer/laptop di dunia. Kehadiran Microsoft Word memberikan banyak perubahan di era digital sekarang ini. 
Mesin ketik yang dulu lazim digunakan sekarang sudah tergantikan oleh Microsoft Word ini. Kita dapat dengan mudah membuat dokumen, menyimpannya, dan bisa langsung dicetak (print) kapan saja sesuai kehendak kita.
Jadi seandainya dokumen (dalam bentuk kertas) itu hilang, maka kita dapat dengan mudah untuk membuat hardcopy dengan mencetaknya. Untuk mengoperasikan program aplikasi ini juga tidak sulit bahkan mudah untuk pengguna baru.

3.      Perkembangan Microsoft Word
Microsoft word atau microsoft office word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama multi-tool word untuk Xenix, versi-versi lain juga dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), apple macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan microsoft windows (1989). Setelah menjadi bagian dari microsoft office sistem 2003 dan 2007 diberi nama microsoft office word.
Banayak ide konsep word diambil dari bravo, pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research center (PARC). Pencipta Bravo, Charles Simonyi, meninggalkan Xeros PARC dan beralih ke microsoft pad 1981. Simonyi juga menggaet Richard Brodie dar PARC pad 1 februari 1983, perkembangan multi tool dimulai.
Setelah diberi nama baru microsoft word, microsoft menerbitkan program ini pada t25 oktober 1983 untuk IBM PC. Saat tiu dunia pengelolah kata dikuasai oleh wordperfect dan juga wordstar .word memiliki konsep “what you see is what you get”. Atau WYSIWYG, dan merupak program pertama yang dapat menghasilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word processor berbasis DOS lain, seperti wordstar dan wordperfect, menampilkan hanya teks dengan kode markup dan warna untuk menandai  pemformatan cetak tebal, miring dan sebagainya.
Word untuk macintosh, meski memiliki banyak tampilan dari versi DOS nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dengan kode sumber versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada program seperti itu yang beredar di publik. Setelah Lissa write dan Marcwrite, microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG kedalam program word for macintosh. Setelah Word for macintosh dirilis pada tahun 1985,
Versi selanjutnya dari word for macintosh, adalah word 3,0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini mencangkup bnyak peningkatan dan fitur baru dan memiliki banyak bug. Dalam hanya beberapa bulan, microsoft mengganti word 3,0 dengan word 3,01 yag jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari word 3,0 dikirimi surat yang berisi salinan word 3,01 secara gratis, sehingga menjadikan ini kesalahan microsft paling mahal untuk di tebus pada waktu itu. Word 4,0 yang dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil degunakan.
Pada rentang tahun ini, word for windows diluncurkan. Versi pertama dari word for windor dirilis pada tahun 1989 dengan harga 500 dollar amerika serikat. Dengan dirilisnya microsoft windos 3.0 pada tahun selanjutnya, penjualan pun akhirnya terdongkrak naik, mengingat word for windows 1.0 didesain untuk windows 3.0 dan performanya sangat uruk jika dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft menunggu hingga merilis word 2.0 untuk mengukuhkan microsoft word sebagai pemimpin pasar pengolah kata.

B.       Jenis Aplikasi Microsoft Word
Aplikasi pengolahan kata yang sangat familiar untuk pengguna komputer mungkin hanya Microsoft Word. Namun, ternyata ada banyak aplikasi lain yang berfungsi sebagai aplikasi pengolahan kata. Dari masing-masing aplikasi pengolahan kata tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Beberapa aplikasi pengolahan kata yang digunakan secara luas oleh penggunanya dalah Lotus World, Wondperfect, StarOffice Writter, OpenOffice Writer dan Microsoft Word.
1.      Microsoft Word
Microsoft word merupakan program pengolah kata yang paling banyak digunakan oleh semua orang, Microsoft Word mempunyai kemampuan yang sangat bagus dalam membuat berbagai jenis dokumen mulai dari buku, buku memo, surat, berbagai jenis dokumen-dokumen dan lainnya.Selain itu Microsoft Word dapat digunakan dengan cara mudah dengan kata lain “user friendly” Karena Microsoft Word dilengkapi dengan tampilan berupa grafis yang dilengkapi dengan tombol-tombol dan menu menu yang membuat kita bekerja dengan sangat mudah.
2.      Lotus Word Pro
Lotus word pro merupakan aplikasi untuk pengolahan kata yang dikeluarkan oleh IBM, apikasi ini dikeluarkan berbarengan dengan aplikasi office lainnya yang dikenla dengan naman Lotus smartsuite. Kelebihan yang dimiliki oleh Lotus Word Pro adalah kemampuannya untuk mempertukarkan file file dokumen dengan Microsoft Word, Lotus word pro juga dapat membuka file file microsoft word aplikasi pengolahan kata lainnya. Word Pro dilengkapi dengan fasilitas Helpfull Menu Finder yang membantu pengguna untuk menemukan seluruh perintah yang sesuai dengan perintah wordperfect.
3.      Corel WordPerfect
 Aplikasi pengolahan kata lainnya yaitu wordperfect, yang merupakan aplikasi program yang dapat dijalankan dikomputer dengan sistem operasi windows. Wordperfect versi terakhir yaitu perfect office X3 yang dapat dijalankan pada sistem operasi windows xp, windows 2008, windows 98. Namun terdpat kekurangan pada wordperfect yaitu perfect office 3 membutuhkan spesifikasi hardware yang cukup tinggi yaitu prosesor Pentium 3 atau sederajat dengan memori 128 MB. Wordperfect office X3 memiliki kemampuan untuk membaca file file yang dikerjakan pada jenis aplikasi pengolahan kata lain, seperti pada aplikasi microsoft word, microsoft excel dan microsoft powerpoint.
4.      Star Office Writter
 Star office writer memiliki kesaman dengan microsoft word, yang merupakan aplikasi perangkat lunak yang bersifat multiplatform, yaitu aplikasi dapat dijalankan diberbagai macam sistem operasi baik linux, windows, unix, solaris dan sistem operasi lainnya. Perbedaan yang mendasar antara Starr Office writter dengan Microsoft office yaitu terletak pada file ekstensinya. Jika pada Ms.word menggunakan file ekstensi *doc, pada Star Office Writter meenggunakan file ektensi *odt. Namun jenis file ektensi *odt masih dapat dirubah menjadi file ektensi *doc.

5.      Open Office
Hampir sama dengan Ms.Word. Bedanya Open Office dikembangkan dengan lisensi GPL (General Public Licensi) , sehingga dapat didistribusikan secara bebas. Open Office dilengkapi fitur bawaan “export as PDF”, sehingga file yang telah kita ketik bisa diubah langsung ke PDF tanpa repot-repot menginstall Adobe Acrobat
6.      Kword
KWord memiliki kesamaan dengan Open Office dan Abi Word, yakni sama-sama berlisensi GPL. Aplikasi ini dikembangkan oleh KDE (K Desktop Environment) yang merupakan lingkup desktop yang sering digunakan dalam sistem operasi berbasis Linux. Program KWord dapat berjalan di OS Windows, Linux dan MC.OS.
7.      Atlantis Word Processor
 AtlantIs Word Processor memiliki kesamaan tampilan dengan Microsoft Word. Aplikasi ini mendukung file ekstensi, Document (*doc), Rich Text Format (RTF), Encrypted Document  (COD), dan Standart Text (*txt)
8.      Word Star
 WordStar adalah sebuah aplikasi pengolah kata, dipublikasikan oleh MicroPro International, Software ini sempat populer pada awal 1980-an. Bahkan Wordstar hampir sudah bisa dikatakan dapat menggantikan yang namanya Mesin Ketik kala itu. Saat ini Word Star sudah tidak digunakan lagi. Sebab Word Star tidak memiliki menu-menu yang memadai. Oleh karena itu semua perintah-perintah di Word Star harus dihapal luar kepala.

C.       Fungsi dan Kegunaan Microsoft Word
Sebagaimana yang kita ketahui, Microsoft Word dipergunakan untuk membantu pembuatan dokumen berupa laporan ataupun makalah. Namun, adakalanya kita lupa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada dalam  Microsoft Word, padahal dengan memanfaatkan fasilitas tersebut dapat membantu mempercepat pembuatan dokumen. Oleh karena itu, tulisan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali (terutama untuk saya pribadi) berbagai fasilitas yang ada dalam Microsoft Word.
1.      Jenis huruf
Agar dokumen yang dihasilkan tidak terlalu banyak mengalami editing dalam masalah “font”, sebaiknya tentukan dulu default font yang akan dipergunakan. (Menu Home+ Font)
2.      Pembuatan Numbering
Biasanya, pembuatan suatu dokumen mengacu kepada peraturan tertentu dalam pembuatan dokumen (misal Bab I Pendahuluan, Bab II Tinjauan Pustaka). Oleh karena itu, harus didefinisikan terlebih dahulu mengenai numbering yang sesuai dengan peraturan pembuatan suatu dokumen.
3.      Pembuatan Outline
Biasakan bekerja dengan dokumen view berupa Outline. (Menu View + Document Views + Outline). Hal ini akan memudahkan kita untuk membuat poin-poin penting yang akan dituangkan dalam dokumen. Pembuatan dokumen dalam bentuk outline, minimal sampai dengan level 3. Ada kalanya pada saat perpindahan dari level 1 ke level 2 kita diharuskan untuk mengubah list level (Menu home+ Multiple List+Change List Level)
4.      Pemakaian Break Section
Biasanya dalam suatu dokumen  terdapat perbedaan jenis penomoran halaman untuk tiap section (misalnya : halaman sampul biasanya tidak ada nomor halaman, Kata Pengantar & Daftar Isi & Daftar Tabel diberi nomor halaman jenis “i, ii, iii,…” ,  Bab I dst diberi nomor jenis “1,2,3…”) Oleh karena itu untuk setiap pergantian jenis halaman tersebut diberikan break section. ( Menu Page Layout +Break +Next Page).
5.      Penomoran Halaman
Seperti yang telah disebut pada poin 4, maka penomoran halaman akan menggunakan fasilitas break section. Setiap section diberi nomor halaman seperti yang dikehendaki ( Menu insert + Page Number + Format Page Number + Page numbering + start at  … kemudian pilih letak nomor halaman bottom atau top of page) khusus halaman sampul, biasanya tidak ada nomor halaman, oleh karena itu header/footer nya perlu diedit (Menu insert + header/footer + edit header/footer + Design + pilih different first page)
6.      Pembuatan Daftar Tabel
Tabel/Gambar/Bagan yang dibuat diusahakan diberi caption yang terdiri dari judul bab dan nomor gambar. (Menu References + insert Caption… pada option pilih label yang diinginkan, hilangkan tanda centang pada exclude label from caption). Untuk pembuatan daftar tabel/gambar/bagan maka pilih menu references + insert table of figures) maka daftar tabel dapat muncul secara otomatis. Apabila ada perubahan posisi halaman pada tabel/gambar/bagan, maka daftar tabel tinggal diklik kanan pilih update field.
7.      Pembuatan Daftar Isi
Pembuatan daftar isi secara otomatis adalah dengan memilih references + table of contents. Apabila ada perubahan dalam letak halaman maka daftar isi tinggal di update (sama seperti update daftar tabel)
8.      Editing dengan Document Map
Agar editing yang dilakukan dapat dilakukan dengan cepat maka dapat memanfaatkan fasilitas document map (Menu View + document map). Dengan fasilitas ini, perpindahan halaman yang akan diedit dapat berlangsung lebih cepat)

D.      Fitur dan Fungsi Tools yang Tersedia dalam Microsoft Word
Seperti yang sudah kita ketahui bahwa di dalam lembar kerja Microsoft Word terdiri dari beberapa bagian dengan fungsinya masing-masing. Mungkin ada dari kalian yang baru belajar komputer dan belum mengenal apa saja fungsi dari setiap menu dan ikon yang ada di Microsoft Word. Untuk itulah kali ini kami akan menyediakan panduan dan penjelasan lengkap tentang fungsi dari setiap menu dan ikon yang terdapat di lembar kerja Microsoft Word.
Ketika kita membuka software Microsoft Word maka akan disuguhi tampilan dengan berbagai macam ikon dan menu. Masing-masing bagian memiliki fungsi dan perannya dalam menjalankan setiap perintah penting. Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang bagian-bagian yang terdapat dalam lembar kerja Microsoft Word.
Quick Acces Toolbar : Kumpulan ikon yang terletak di bagian pojok kiri atas. Ini merupakan menu yang memudahkan pengguna untuk mengakses perintah yang sering digunakan seperti save, undo, redo dll.
Title Bar : Ini merupakan bagian tengah atas dari lembar kerja Microsoft Word yang menampilkan judul dari file yang sedang kita kerjakan. Bagi file yang belum tersimpan biasanya akan menampilkan judul “Document”.
Page Status : Terletak di bagian bawah lembar kerja Microsoft Word dan biasanya berfungsi untuk menampilkan jumlah halaman, kata dan bahasa yang sedang digunakan.
Tab Menu : Kumpulan menu yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda untuk menyesuaikan pengaturan pada dokumen.
Ribbon Tool : Ini merupakan “isi” tab menu, kumpulan ikon yang mewakili berbagai fungsi dan perintah spesifik tertentu.
Scroll Bar : Bagian ini terdapat ini bagian kiri dan bawah Microsoft Word dan berfungsi untuk menggeser lembar kerja secara horizontal dan vertical.
Zoom Menu : berada di bagian kiri bawah dan berperan untuk melakukan zooming (memperbesar dan memperkecil tampilan lembar kerja Microsoft Word).
Windows Menu : berisi 3 buah perintah yaitu minimize untuk membaca word ke latar belakang. Maximize/restore down untuk mengubah ukuran tampilan Microsoft Word dan Close untuk menutup lembar kerja Microsoft Word.
Setelah mengetahui nama dan fungsi dari bagian dalam lembar kerja Microsoft Word, kita juga harus belajar lebih spesifik tentang fungsi ikon yang bertaburan disana. Berikut ini kami telah merangkum fungsi dan perintah yang dapat dijalankan melalui menu dan ikon pada Microsoft Word.
1.      File
Pertama adalah menu file, disini terdapat berbagai perintah dasar dan ada juga bagian untuk menyesuaikan pengaturan lembar kerja.
No
Icon
Keterangan
1
Save
Untuk menyimpan dokumen word yang telah kita kerjakan
2
Save as
Hampir mirip seperti save, namun fungsinya adalah menyimpan sebagai dokumen dengan nama baru
3
Open
Membuka file dokumen yang sebelumnya telah kita simpan
4
Close
Menutup dokumen yang sedang kita buka
5
Info
Menampilkan rincian info terkait dengna dokumen yang sedang dikerjakan
6
Recent
Menampilkan daftar dokumen yang baru-baru ini dibuka/diedit
7
New
Membuat lembar kerja Microsoft word baru
8
Print
Untuk mengeprint dokumen yang telah kita buat




9
Save and Send
Berfungsi untuk menyimpan dokumen kemudian mengirimnya lewat email ataupun diposting ke website
10
Help
Menu bantuan apabila ada masalah pada Microsoft Word.
11
Option
Berisi berbagai menu untuk melakukan penyesuaian terhadap dokumen
12
Exit
Berfungsi untuk menutup aplikasi Microsoft Word

2.      Home
a.       Clipboard : Ribbon group ini terdiri dari beberapa ikon yang umumnya berfungsi untuk mengcopy ataupun memindah elemen dalam dokumen.
No
Icon
Keterangan
1
Paste
Ikon ini memiliki fungsi untuk menempelkan suatu teks ataupun objek (gambar, tabel dll) yang sebelumnya telah di copy atau cut
2
Cut
Berfungsi untuk memindah dan memotong teks ataupun objek (gambar, tabel dll).
3
Copy
Berfungsi untuk menyalin dan mengcopy teks ataupun objek (gambar, tabel dll).
4
Format Painter
Kita bisa menggunakannya untuk meniru/menyalin format halaman dan menggunakannya di halaman lain

b.      Font : Ribbon group yang terdiri dari berbagai ikon untuk mengubah dan menyesuaikan font baik itu warna, ukuran, jenis dan berbagai efek lainnya.

No
Icon
Keterangan
1
Font
Kita bisa memilih jenis dan gaya huruf pada bagian ini.
2
Font Size
Berguna untuk mengubah dan menyesuaikan ukuran huruf pada dokumen
3
Grow Font
Berfungsi untuk menambah/memperbesar ukuran font.
4
Shrink Font
Berfungsi untuk mengurangi/mengecilkan ukuran font.
5
Change Case
Untuk mengubah penggunakan huruf kapital pada teks yang dipilih.
6
Clear Formatting
Menghapus/memformat pengaturan yang telah diterapkan pada sebuah teks.
7
Bold
Memberikan efek tebal ada huruf
8
Italic
Memberikan efek miring pada teks
9
Underline
Memberikan efek garis bawah pada teks.
10
Strikethrough
Memberikan efek coretan di tengah teks
11
Subscript
Untuk membuat format pangkat diatas
12
Superscript
Untuk membuat format pangkat dibawah
13
Text Effect
Untuk membuat teks dengan berbagai efek
14
Text Highlight
Untuk membuat semacam efek stabilo
15
Font Color
Berfungsi untuk mengubah serta memilih warna dari teks/huruf.
c.       Paragraph : Ribbon group yang berisi berbagai ikon dengan fungsi untuk mengatur dan menyesuaikan paragraph pada dokumen.
No
Icon
Keterangan
1
Bullet
Untuk menambahkan bullet dan berbagai tanda lainnya pada format listing.



2
Numbering
Berfungsi menambahkan penomoran urut secara otomatis
3
Decease Indent
Untuk menggeser paragraph ke bagian kiri.
4
Increase Indent
Untuk menggeser paragraph ke bagian kanan.
5
Alignment Left
Membuat teks menjadi rata kiri
6
Alignment Center
Membuat teks menjadi rata tengah
7
Alignment Right
Membuat teks menjadi rata kanan
8
Justify
Membuat teks menjadi rata kanan kiri
9
Line and Paragraph
Mengatur dan menyesuaikan jarak antar baris.
10
Shading
Untuk mengubah warna latar belakang teks.
11
Border
Menambahkan garis tepi/border pada teks yang telah dipilih.
d.      Style : Ribbon Group yang terdiri dari berbagai text formatting yang telah disetting sedemikian rupa sehingga bisa digunakan secara cepat dilain waktu tanpa harus mengaturnya kembali
e.       Editing : Ribbont Group yang berisi beberapa ikon untuk melakukan editing terhadap dokumen
No
Icon
Keterangan
1
Find
Berfungsi untuk mencari dan menemukan kata tertentu dalam dokumen.
2
Replace
Untuk menemukan kata tertentu kemudian menggantinya dengan kata lain.



3
Select
Untuk memilih/memblock teks pada dokumen.



3.      Insert
Tab menu insert secara keseluruhan berisi fungsi untuk memasukan objek ke dalam dokumen.
a.       Pages: Ribbon group berisi ikon untuk mengatur dan menyesuaikan pengaturan pada halaman dokumen.
No
Icon
Keterangan
1
Cover Page
Berfungsi untuk menyisipkan halaman cover pada dokumen.
2
Blank Page
Berfungsi untuk memasukan sebuah halaman kosong ke dokumen.
3
Page Break
Berfungsi untuk memotong/memutus halaman dan pindah ke halaman berikutnya.
b.      Table : Ikon untuk menyisipkan/membuat tabel pada dokumen.
c.       Illustratisons : Ribbon group berisi berbagai ikon untuk menyisipkan objek seperti gambar, clipart, tabel, chart dll.
No
Icon
Keterangan
1
Picture
Memasukan gambar dari penyimpanan komputer ke dalam dokumen.
2
Clipt Art
Memasukan clip art yang telah disediakan ke dalam dokumen.
3
Shapes
Membuat berbagai bentuk sederhana seperti kotak, lingkaran dll.
4
SmartArt
Membuat semacam tabel structural ke dalam dokumen.
5
Chart
Membuat grafik dengan berbagai bentuk.



d.      Links : Ribbon group yang berisi ikon dengan fungsi untuk menghubungkan ke url/link, dokumen ataupun objek lain.
No
Icon
Keterangan
1
Hyperlink
Ikon yang berfungsi untuk memasukan sebuah link/url web tertentu ke dalam dokumen.
2
Bookmark
Berguna untuk menghubungkan suatu bagian dari dokumen dengan bagian lainnya.
3
Cross-reference
Digunakan untuk menghubungkan sebuah teks dengan suatu objek (gambar, tabel, dll) yang masih dalam dokumen yang sama
e.       Header & Footer : Ribbon group yang satu ini berfungsi untuk menyesuaikan pengaturan pada bagian header dan footer dokumen
No
Icon
Keterangan
1
Header
Menambahkan header pada bagian atas setiap dokumen.
2
Footer
Menambahkan footer pada bagian bawah halaman dokumen.
3
Page Number
Menyisipkan nomor pada setiap halaman di dokumen.
f.       Text : Ribbon group dengan fungsi untuk membuat teks dengan berbagai efek dan bentuk
No
Icon
Keterangan
1
Text Box
Untuk membuat sebuah kota yang bisa diisi teks ke dalam dokumen.
2
Quick Parts
Menyisipkan berbagai objek ke dalam lembar kerja Microsoft Word.
3
Word Art
Menambahkan berbagai efek keren ke sebuah teks.
4
Signature Line
Untuk menambahkan tempat membubuhkan tanda tangan.
5
Date & Time
Menambahkan tanggal ke dalam Word.
6
Object
Untuk menambahkan objek tertentu ke dalam dokumen.
g.      Symbol : Ribbon group yang berguna untuk menyisipkan berbagai symbol yang umum digunakan
No
Icon
Keterangan
1
Equation
Menambahkan berbagai symbol yang umum digunakan dalam matematika.
2
Symbol
Menambahkan berbagai bentuk symbol ke dalam lembar kerja Word.



4.      Page Layout
Tab menu ini berisi berbagai ikon yang mempunyai fungsi untuk mengatur dan menyesuaikan segala hal yang berhubungan dengan halaman lembar kerja Microsoft Word.
a.       Themes : Ribbon group dengan berbagai ikon untuk menyesuaikan tema dan tampilan halaman.
No
Icon
Keterangan
1
Themes
Ikon ini berfungsi untuk memilih tema halaman dan juga warna dari teks
2
Colors
Menentukan warna dari tema halaman.
3
Font
Memilih jenis font yang akan digunakan pada dokumen.
4
Effects
Mengatur efek yang akan berdampak pada objek yang ada di dokumen.
b.      Page Setup : Ribbon group yang berguna untuk mengatur segala hal yang berhubungan dengan halaman


No
Icon
Keterangan
1
Margin
Menyesuaikan batas pinggir dari suatu dokumen.
2
Orientation
Menentukan apakah dokumen akan berbentuk horizontal atau vertical.
3
Size
Menyesuaikan ukuran panjang dan lebar halaman dokumen.
4
Columns
Menentukan jumlah teks akan dibagi menjadi berapa kolom.
5
Breaks
Mengatur bentuk dan letak dari halaman ataupun kolom teks.
6
Line Numbers
Memberikan penomoran pada setiap baris teks.
7
Hyphenation
Untuk memisahkan antara kata dengan penghubung.
c.       Page Background : Ribbon group untuk mengatur efek pada halaman.
No
Icon
Keterangan
1
Watermark
Menu yang berfungsi untuk memberikan watermark pada lembar kerja.
2
Page Color
Memilih warna dari halaman dokumen.
3
Page Border
Berfungsi untuk memberikan garis tepi pada dokumen.
d.      Paragraph : Ribbon group untuk menyesuaikan pengaturan terkait paragraph
No
Icon
Keterangan
1
Indent
Untuk menambah ataupun mengurangi jarak teks dari pinggir.
2
Spacing
Menentukan jarak antar paragraf dalam dokumen.
e.       Arrange
No
Icon
Keterangan
1
Position
Untuk memilih dan menentukan letak dari suatu objek dalam dokumen.
2
Wrap Text
Mengatur posisi dari objek dalam suatu paragraph.
3
Bring Forward
Untuk meletakkan suatu objek di depan objek lainnya.
4
Send Backward
Untuk meletakkan suatu objek di belakang objek lainnya.
5
Selection Pane
Berfungsi dalam menampilkan navigasi dari suatu objek.
6
Align
Menentukan perataan dari suatu objek.
7
Group
Untuk mengelompokkan beberapa objek menjadi satu kesatuan.
8
Rotate
Berfungsi untuk memutar posisi dari suatu objek.



5.      References
Tab ini dugunakan untuk memasukkan berbagai perintah seperti menuliskan footnote (catatan kaki), menyisipkan gambar, dan membuat tanda citasi. Perhatikan tampilan tab references. Tab References. References terdiri dari : Table of Contents, Footnotes, Citations & Bibliography, Captions, Index, Table of Authorities.

a.       Teble Of Contents
No
Icon
Keterangan
1
Table of Contents
Digunakan untuk pengelolaan daftar isi
2
Add Text
Digunakan untuk mengelola paragraf terpilih dalam kaitannya sebagai entri dalam daftar isi yang sudah dibuat
3
Update Table
Digunakan untuk memperbarui daftar isi
b.      Footnotes
No
Icon
Keterangan
1
Insert Footnote
Digunakan untuk menyisipkan catatan kaki (rujukan yang berada di bagian bawah halaman atau footer)
2
Endnote
digunakan untuk menyisipkan catatan di akhir bab
3
Next Footnote
berfungsi untuk memantau footnote dan endnote
4
Show Note
digunakan untuk memperlihatkan lokasi catatan, baik footnote maupun endnote
c.       Citations & Bibliography
NO
Icon
Keterangan
1
Insert Citations
Digunakan untuk menyisipkan kutipan langsung pada daerah kursor aktif
2
Icon Manage
Digunakan untuk mengelola seluruh sumber kutipan yang mungkin sudah disisipkan di semua segmen file dokumen
3
Style
Berfungsi untuk memilih bentuk bibliography yang diinginkan
4
Bibliography
Digunakan untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen aktif




d.      Citations
No
Icon
Keterangan
1
Insert Captions
Digunakan untuk membubuhkan keterangan seputar ilustrasi atau gambar yang sudah disisipkan
2
Insert Table of Figure
Digunakan untuk menyisipkan daftar isi gambar yang disisipkan ke dalam dokumen
3
Update Table
Digunakan untuk melakukan pembaruan terhadap daftar katalog gambar
4
Cross-Reference
Berfungsi untuk menyisipkan referensi silang
e.       Index
No
Icon
Keterangan
1
Mark Entry
digunakan untuk menandai masukan baru dalam dokumen
2
Insert Index
digunakan untuk menyisipkan daftar kata (indeks) ke dalam dokumen
3
Update Index
digunakan untuk memperbarui daftar indeks terkini
f.       Table of Authorities
No
Icon
Keterangan
1
Mark Citations
Digunakan untuk menandai masukan baru dalam dokumen
2
Insert Table of Authorities
Berfungsi untuk menyisipkan tabel sumber kutipan, sumber undang-undang atau konstitusi
3
Update Table
Digunakan untuk melakukan pembaruan terhadap kutipan pada tabel
6.         Mailings
Tab ini berguna untuk membuat mail merger (surat massal), mengetik teks pada amplop, dan membuat label. Mailings terdiri dari : create, start mail merge, write & insert Fields, preview results, finish.
a.       Create
No
Icon
Keterangan
1
Envelopes
Untuk membuat dan mencetak amplop
2
Labels
Untuk membuat dan mencetak label
b.      Start Mail Merge
No
Icon
Keterangan
1
Start Mail Merge
Untuk membuat surat yang biasa atau berupa email untuk banyak orang
2
Select Recipients
Untuk membuat daftar penerima surat
3
Edit Recepients List
Uuntuk mengubah daftar penerima surat
c.       Write & Insert Field
No
Icon
Keterangan
1
Highlight Merge Field
Untuk mempermudah mengubah informasi yang salah
2
Address Block
Untuk memasukan alamat pada surat yang akan dituju
3
Greeting Line
Untuk menambah nama sapaan
4
Insert Merge Field
Untuk menambah informasi mengenai penerima surat
5
Rules
Untuk memberikan garis pada surat
6
Match Field
Untuk membandingkan surat
7
Update Labels
Untuk memperbarui label pada surat
d.      Preview Results
No
Icon
Keterangan
1
Preview Results
Untuk melihat hasil surat yang dibuat dan daftar penerima surat
2
Find Recipient
Untuk mencari daftar penerima surat
3
Auto Check for Errors
Untuk mengecak kesalahan pada surat
e.       Finish, hanya ada sati icon, yaitu Finish & Merge Untuk mengetahui bahwa surat yang dibuat sudah lengkap

7.      Review
Tab Review berguna untuk mengecek kesalahan tata bahasa serta memproteksi dokumen. Review terdiri dari: proofing Comments, Tracking, changes, Compare, Protect.
a.       Proofing
No
Icon
Keterangan
1
Spelling & Grammar
Memeriksa ejaan teks
2
Research
Membuka panel penelitian referensi
3
Thesaurus
Saran kata yang sepadan
4
Word Count
Menemukan banyak kata, paragra, dan kalimat di dalam documen






b.      Language
No
Icon
Keterangan
1
Translate
Menerjemahkan kata ke bahasa lain
2
Language
Mengatur bahasa dengan mengecek dulu ejaan dan tata bahasa yang terpilih
c.       Comments
No
Icon
Keterangan
1
New Comment
Memasukkan komentar baru
2
Delete
Menghapus komentar
3
Previous
Memperlihatkan komentar sebelumnya
4
Next
Memperlihatkan komentar selanjutnya
f.       Tracking
No
Icon
Keterangan
1
Track Change
Menelusuri perubahan yang terjadi pada dokumen
2
Final Show Markup
Memilih bagaimana memandang perubahan yang di usulkan pada dokumen
3
Show Markup
Memilih markup seperti apa untuk menunjukkan dokumen
4
Reviewing Pane
Menunjukkan suatu revisi pada jendela yang terpisah
g.      Changes
No
Icon
Keterangan
1
Accept
Menerima perubahan baru dan mengusulkan perubahan selanjutnya
2
Reject
Menolak perubahan baru dan mengusulkan perubahan selanjutnya
3
Previous
Menampilkan revisi sebelumnya di dalam dokumen sehingga dapat menerima/menolak
4
Next
Menampilkan dokumen yang dapat diterima/ditolak
h.      Compare untuk mengkombinasikan berbagai versi dari document
i.        Protect untuk melindungi hasil kerja karena merupakan sebuah privasi

8.      View
Tab View digunakan untuk menampilkan atau mencetak dokumen pada layar, mengatur ukuran cetakannya, dan menampilkan garis bantu pada lembar kerja. Menu View berfungsi untuk mengatur tampilan layar dari dokumen yang kita kerjakan. Berikut ini merupakan berbagai fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu View.
a.       Document Views
No
Icon
Keterangan
1
Print Layout
Untuk melihat hasil kerja yang akan di cetak
2
Full Screen Reading
Untuk melihat dan membaca hasil kerja dengan ukuran maksimal
3
Web Layout
Untuk melihat hasil kerja di web
4
Outline
Untuk melihat hasil kerja sesuai dengan urutan atau bagan
5
Draft
Untuk melihat hasil kerja sesui dengan konsep, sehingga jika salah cepat dibenarkannya




b.      Show
No
Icon
Keterangan
1
Rules
Untuk menampilkan penggaris
2
Girdlines
Untuk menampilkan garis kisi
3
Navigatin Pane
Arahan atau petunjuk untuk memudahkan mencari suatu bagian dari suatu lembar kerja pada suatu halaman Microsof Word
c.       Zoom
No
Icon
Keterangan
1
Zoom
Untuk Memperbesar tampilan
2
100%
Untuk memperbesar hasil lembar kerja ke ukuran normal
3
One Page
Untuk melihat hasil lembar kerja ke dalam satu halaman penuh
4
Two Page
Untuk melihat hasil lembar kerja ke dalam dua halaman penuh
5
Page Widht
Untuk melihat hasil lembar kerja sesuai dengan lebar halaman
d.      Window
No
Icon
Keterangan
1
New Window
Membuka jendela baru yang memperlihatkan dokumen tersebut
2
Arrange All
Mengatur semua jendela program sejajar berdampingan
3
Split Windows
Membagi jendela menjadi beberapa penel yang memperlihatkan lembar kerja



4
View Side by Side
Memperlihatkan jendela berdampingan
5
Synchronous Scrolling
Membuat dua jendela menggulung bersamaan



6
Reset Window Position
Menset ulang posisi jendela berdampingan
7
Switch Windows
Untuk melakukan peralihan dokumen Word yang terbuka pada halaman utama dengan dokumen Word yang berbeda
e.       Macros untuk Memperlihatkan, membuat, dan menghapus daftar macro dokumen. Juga berfungsi untuk merekam sebuah macro ataupun menerima pengaturan macro lainnya.




















BAB III
PENUTUP

A.       Simpulan
Microsoft Office sesuai dengan namanya, software ini di produksi oleh perusahaan raksasa bernama Microsoft. Microsoft Office pertama kali diperkenalkan pada tahun 1989. Pada tanggal 30 Agustus 1992, Microsoft meluncurkan Microsoft Office versi 3.0.  Pada versi tersebut Microsoft Office menyertakan Microsoft Word sebagai pengolah kata, Microsoft  Exel sebagai pengolah angka, Microsoft Power Point digunakan sebagai aplikasi presentasi yang handal dan Microsoft Mail digunakan untuk menerima dan mengirim email. Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.
Aplikasi pengolahan kata yang sangat familiar untuk pengguna komputer mungkin hanya Microsoft Word. Namun, ternyata ada banyak aplikasi lain yang berfungsi sebagai aplikasi pengolahan kata. Dari masing-masing aplikasi pengolahan kata tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Beberapa aplikasi pengolahan kata yang digunakan secara luas oleh penggunanya dalah Lotus World, Wondperfect, StarOffice Writter, OpenOffice Writer dan Microsoft Word.
Microsoft Word dipergunakan untuk membantu pembuatan dokumen berupa laporan ataupun makalah. Namun, adakalanya kita lupa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada dalam  Microsoft Word, padahal dengan memanfaatkan fasilitas tersebut dapat membantu mempercepat pembuatan dokumen. Oleh karena itu, tulisan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali (terutama untuk saya pribadi) berbagai fasilitas yang ada dalam Microsoft Word.
Microsoft Word disuguhi tampilan dengan berbagai macam ikon dan menu. Masing-masing bagian memiliki fungsi dan perannya dalam menjalankan setiap perintah penting. Bagian-bagian yang terdapat dalam lembar kerja Microsoft Word secara singkat seperti Quick Acces Toolbar : Kumpulan ikon yang terletak di bagian pojok kiri atas. Ini merupakan menu yang memudahkan pengguna untuk mengakses perintah yang sering digunakan seperti save, undo, redo dll. Title Bar : Ini merupakan bagian tengah atas dari lembar kerja Microsoft Word yang menampilkan judul dari file yang sedang kita kerjakan. Bagi file yang belum tersimpan biasanya akan menampilkan judul “Document”. Page Status : Terletak di bagian bawah lembar kerja Microsoft Word dan biasanya berfungsi untuk menampilkan jumlah halaman, kata dan bahasa yang sedang digunakan. Tab Menu : Kumpulan menu yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda untuk menyesuaikan pengaturan pada dokumen. Ribbon Tool : Ini merupakan “isi” tab menu, kumpulan ikon yang mewakili berbagai fungsi dan perintah spesifik tertentu. Scroll Bar : Bagian ini terdapat ini bagian kiri dan bawah Microsoft Word dan berfungsi untuk menggeser lembar kerja secara horizontal dan vertical. Zoom Menu : berada di bagian kiri bawah dan berperan untuk melakukan zooming (memperbesar dan memperkecil tampilan lembar kerja Microsoft Word). Dan Windows Menu : berisi 3 buah perintah yaitu minimize untuk membaca word ke latar belakang. Maximize/restore down untuk mengubah ukuran tampilan Microsoft Word dan Close untuk menutup lembar kerja Microsoft Word.

B.       Saran
Meskipun penulis menginginkan kesempurnaan dalam penyusunan makalah ini tetapi kenyataannya masih banyak kekurangan yang perlu penulis perbaiki. Hal ini dikarenakan masih minimnya pengetahuan yang penulis miliki. Oleh karena itu saran yang membangun dari para pembaca sangat penulis harapkan untuk perbaikan ke depannya.


DAFTAR PUSTAKA

Lavenia Farmila 07.32 http://ilmudanberitateknologi.blogspot.co.id/2012/12/fitur-fungsi-microsoft-office.html
http://blog.uad.ac.id/toro/2011/05/22/kegunaan-microsoft-word/
http://arizalixe.blogspot.com/2013/02/pengertian-fungsi-dan-sejarah-microsoft.html
Dwi Agustina FahMi di 04.08 Minggu, 15 Desember 2013
Mudyahardjo, Redja. 2001. Pengantar Pendidikan Komputer. Jakarta: Rajawali Pers Tirtarahardja, U. Dan La Sula. 2000.
Pengantar Pendidikan Jaringan Komputer. Jakarta : PT. Rineka Cipta TIM
Dosen FIP. 1995. Pengantar dasar-dasar Kependidikan. Surabaya : Usaha nasioanal.
http://tyaeducationcomputer.blogspot.com/2008/04/ PC Media. 2004. Berbagai Jenis Komputer. 12. 2004.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KI KD AQIDAH AKHLAK MI DAN MTS

MAKALAH DESAIN / PERANCANGAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN